4 Masalah Pada Power Steering dan Cara Mengatasinya

4 Masalah Pada Power Steering dan Cara Mengatasinya – Sebagai pemilik kendaraan mobil, pastinya kita juga ingin jika performa mobil kita tetap stabil, maka dari itu selalu pengecekan secara berkala adalah salah satu alternatif untuk memantau kondisi komponen didalamnya, salah satunya adalah penggunaan pompa power steering. Pada kendaraan mobil, power steering ini berfungsi untuk membantu pengendara dalam menguasai kemudi mobilnya, sehingga mobilpun lebih mudah saat dikendarai dengan mengatur arah lajunya.

Mengingat pentingnya penggunaan power steering dalam mobil, Anda wajib menjaga part yang satu ini supaya tidak mudah rusak. Power steering bermasalah atau aus maka akan mengakibatkan kemudi mobil susah untuk di kendalikan dan terasa berat.

masalah-pada-power-steering

Ada beberapa penyebab utama dari terjadinya kerusakan dibagian power steering, untuk itu anda diharuskan melakukan perawatan dengan benar. Karena semakin lama part tersebut tidak dilakukan pengecekan, maka kondisinya pun akan semakin lemah. Inilah awal mengapa pompa power steering sering mengalami masalah. Nah untuk itu berikut kami akan paparkan 4 masalah yang sering terjadi dipower steering dan cara memperbaikinya.

4 Cara Memperbaiki Pompa Power Steering Rusak dan Bocor

1. Pompa Power Steering Bocor

Pada saat pemasanganya dipabrikan, memang pompa power steering ini memang sering bocor, sehingga tak heran jika lambat laun setelah kita sering mengendarai mobil akan timbul masalah ini. Biasanya hal ini disebabkan oleh part atau komponen pecah, untuk memperbaikinya anda bisa mengganti minyak power steering yang baru, namun jika partnya pecah sebaiknya anda ganti dengan part yang baru.

2. Seal Power Steering Rusak

Penyebab bocornya cairan power steering berikutnya ialah pada bagian seal power steerin yang rusak fatal. Tekanan seal tersebut lambat laun akan lemah dan seal robek. Biasanya penggunaan stir kendaraan terasa berat karea ada tetesan minyak dibawah mesin, serta permukaan rack yang dipenuhi dengan cairan minyak pelumas. Cara memperbaikinya silahkan ganti semua seal yang rusak itu.

3. Seal Pompa Jebol

Disamping seal utama, seal pompa juga dapat berkibat jebol. Ciri-cirinya stir terasa berat serta volume minyak power steering tersebut cepat sekali habis. Cobalah cek kondisi pompa jika di permukaannya terdapat cairan minyak berarti seal tersebut bocor. Cara memperbaikinya silahkan mengganti seal pompa jebol dengan yang baru.

4. Selang Getas atau Tertekuk

Cairan minyak power steering akan dapat dialirkan oleh selang. Apjadinya jika selang tertekuk? hal ini dapat mengakibatkan volume minyak berkurang drastis. Cek dibagian ujungnya, terselimuti minyak atau tidak?. Perbaikan selang rusak mesti dilakukan secepat mungkin karena bila dibiarkan akan mengakibatkan rusak fatal.

Sekian informasi kami kali ini untuk 4 Masalah Pada Power Steering dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat.

TAG:

    masalah yang sering terjadi pada pompa power steering,minyak power stering bocor
4 Masalah Pada Power Steering dan Cara Mengatasinya | dady lovers | 4.5